Penjelasan Lengkap Pidato/Khutbah : Pengertian, Bagian-bagian Pidato, Cara menyimak Pidato dengan Baik dan Benar & Contoh Pidato

Penjelasan Lengkap Pidato/Khutbah : Pengertian, Bagian-bagian Pidato, Cara menyimak Pidato dengan Baik dan Benar & Contoh Pidato - Teman-teman tentu tidak asing lagi dengan yang namanya pidato. Berikut ini akan saya jelaskan dengan gamblang dan lengkap pengertian pidato, bagian-bagian pidato, contoh pidato, dan cara menyimak pidato dengan baik. Berikut pembahasannya.

Penjelasan Lengkap Pidato/Khutbah : Pengertian, Bagian-bagian Pidato, Cara menyimak Pidato dengan Baik dan Benar & Contoh Pidato

Pidato atau khotbah.

Pidato adalah aktivitas mengungkapkan pikiran, ide, gagasan secara  lisan dalam bentuk rangkaian kata-kata atau kalimat kepada orang banyak dengan tujuan tertentu. Pidato biasanya dilakukan dalam acaraacara resmi, seremonial, dan pertemuan-pertemuan ilmiah. Pidato merupakan bentuk komunikasi satu arah karena terdiri atas pemberi pidato satu orang dan orang banyak sebagai pendengar.

     Bahasa dan isi pidato disesuaikan dengan pendengar (audience) berdasarkan, tingkat pemikiran atau pendidikan, usia, dan topik pembicaraan. Bagian-bagian pidato ialah seperti berikut.

1. Bagian pembukaan berisi:

  1. salam pembuka
  2. ungkapan sapaan
  3. puji syukur kepada Tuhan
  4. penegasan konteks pertemuan atau acara


2. Bagian isi berisi uraian pidato sesuai dengan yang telah direncanakan atau ingin disampaikan.

3. Penutup pidato, berisi:

  1. kesimpulan isi pidato
  2. harapan-harapan atau himbauan
  3. ucapan  terima kasih dan permohonan maaf
  4. salam penutup


    Beberapa hal berikut harus diperhatikan dalam menyimak pidato.

  1. Simaklah isi pidato dengan saksama dari awal hingga akhir.
  2. Pahami gagasan, pendapat, atau pesan yang disampaikan dalam  pidato.
  3. Ingatlah atau catatlah hal-hal penting yang terdapat dalam uraian  pidato dan beri komentar. 


Contoh Pidato:

MEMASUKI ABAD
TEKNOLOGI, INFORMASI, DAN GLOBALISASI


     Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
     Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua.
     Yth. Bapak/Ibu Kepala Sekolah
     Bapak/Ibu Guru yang saya hormati
     dan rekan-rekan pelajar yang saya banggakan.

     Pertama-tama saya ucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk menyampaikan pidato saya dengan tema: memasuki abad teknologi, informasi, dan globalisasi.

     Indonesia kini telah memasuki abad baru, yaitu abad teknologi, informasi, dan globalisasi. Dalam masa ini, hanya negara-negara yang memiliki sumber daya manusia (SDM) berkualitas, memiliki daya saing yang tinggi, serta memiliki jati diri yang kuat yang dapat bertahan hidup dan memenangkan persaingan di arena percaturan global.

     Dengan memasuki abad baru, hampir seluruh arus barang, jasa, informasi, manusia, dan bahkan adat budaya akan makin bebas keluar masuk ke suatu negara. Dampak positif globalisasi membawa kemajuan yang pesat bagi kehidupan dan pembangunan, namun dampak negatifnya akan berpengaruh terhadap nilai-nilai peradaban dan budaya bangsa.

     Kita sebagai pelajar harus mengembangkan sikap disiplin dan etos kerja yang tinggi, membiasakan dan membina sikap yang teguh, tegar, dan tangguh penuh kreativitas dan dinamis, dalam berbagai macam kesulitan dan ujian serta tantangan kehidupan.

     Selain itu, kita juga harus berkomitmen tinggi, jujur, inovatif, dan mandiri. Berkomitmen tinggi artinya kita harus memfokuskan kepada tugas yang kita kerjakan dan berupaya untuk memperoleh hasil yang maksimal. Jujur, yaitu kita harus jujur dalam mengerjakan pekerjaan kita, tidak melakukan hal-hal negatif yang berhubungan dengan pekerjaan kita, dan tidak melakukan kecurangan. Mandiri, yaitu kita harus mengerjakan tugas kita sendiri tanpa meminta orang lain untuk mengerjakannya.

     Simpulannya bahwa dalam memasuki era teknologi, informasi dan  globalisasi, kita harus meningkatkan sumber daya manusia yang kita miliki untuk siap bersaing. Kita juga harus menyiapkan mental, sikap dan semangat untuk meraih prestasi setinggi-tingginya baik dalam menuntut ilmu maupun bekerja serta senantiasa menghindari pengaruh-pengaruh negatif globalisasi.

     Hadirin yang berbahagia,
     Karena itu, melalui pidato ini saya mengajak rekan-rekan pelajar sebagai generasi muda penerus bangsa untuk mampu memelihara kepribadian dan jati diri bangsa, serta menjaga dan mengembangkan nilai-nilai budaya nasional dalam cara yang benar dan positif.

     Akhir kata, saya mengucapkan terima kasih yang tulus kepada Bapak/Ibu serta rekan-rekan pelajar yang telah mendengarkan pidato saya. Mohon maaf bila dalam penyampaian pidato ini terdapat kekeliruan dan kesalahan perkataan.

     Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

(Sumber Tugas Siswa SMK N 44, dengan sedikit tambahan)

Demikianlah pembahasan tentang Penjelasan Lengkap Pidato/Khutbah yang meliputi  Pengertian, Bagian-bagian Pidato, Cara menyimak Pidato dengan Baik dan Benar & Contoh Pidato. Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan acuan untuk mempelajari Bahasa Indonesia. Terima kasih.

Baca Juga : Pengertian Puisi & Contoh-contoh Puisi

Sumber : Bahasa Indonesia 3 Untuk SMK/MAK Semua Program Kejuruan Kelas XII

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penjelasan Lengkap Pidato/Khutbah : Pengertian, Bagian-bagian Pidato, Cara menyimak Pidato dengan Baik dan Benar & Contoh Pidato"

Post a Comment