Pengertian Iklan, Ciri-ciri Iklan & Contoh Iklan Berbentuk Karangan

Pengertian Iklan, Ciri-ciri Iklan & Contoh Iklan Berbentuk Karangan - Hai sob. Tentu kalian tidak asing lagi dengan yang namanya iklan bukan? Apa itu iklan? seperti yang kita ketahui bahwa iklan adalah informasi yang disajikan lewat media massa, buletin  atau surat edaran yang bertujuan untuk memberitahukan atau mempromosikan suatu barang atau jasa kepada khalayak untuk kepentingan bisnis, pengumuman, atau pelayanan publik. Itulah sedikit pengertian iklan. Untuk lebih lengkapnya mari kita pelajari bersama-sama penjelasan dibawah ini. selamat belajar.

Pengertian Iklan

Iklan adalah informasi yang disajikan lewat media massa, buletin  atau surat edaran yang bertujuan untuk memberitahukan atau mempromosikan suatu barang atau jasa kepada khalayak untuk kepentingan bisnis, pengumuman, atau pelayanan publik. Iklan terdiri atas iklan keluarga, undangan, pengumuman, penerangan, niaga, lowongan pekerjaan, dan sebagainya.

Ciri-ciri bahasa iklan:

  1. Kalimatnya  singkat; hanya menonjolkan bagian-bagian yang dipentingkan,
  2. Uraian bersifat informatif dan persuasif,
  3. Menggunakan kata-kata yang terpilih dan menarik perhatian orang  untuk mengetahui, mencoba, atau ingin memiliki,


Contoh iklan:


Baca Juga : Pengertian Reportase & Jurnalisme Baru (New Journalism)

Contoh iklan berbentuk karangan:


Si Mungil dengan Suara Maksi

     Punya ruangan hiburan ala bioskop di rumah memang menyenangkan,  meskipun Anda harus merogoh kocek agak dalam kerenanya. Tapi jika dananya pas-pasan, mungkin Anda bisa menyiasatinya dengan membeli seperangkat Mini HiFi.

     Untuk kita yang hanya punya dana pas-pasan dan ruangan rumah yang terbatas. Mini HiFi bisa jadi pilihan. Selain kisaran harganya cukup terjangkau, satu set Mini HiFi biasanya sudah dilengkapi dengan berbagai fitur, seperti player yang mampu membaca format DVD, CD-R/CD-RW, VCD, Divx, MP3 dan USB Connection serta speaker.

     Selain all-in-one, perangkat ini juga mampu menghadirkan kualitas suara cukup baik karena memiliki sistem two-way speaker yang mampu memainkan suara berfrekuensi tinggi dan rendah secara terpisah.

     Beragam fitur telah dihadirkan dalam perangkat Mini HiFi, seperti produk Mini HiFi keluaran Samsung, yaitu seri MM-DX7T dan MAXDX75T yang mampu membaca format DVD, Divx, MP3-CD, WMA, CD-R/CD-RW.

     Kedua produk mampu menghadirkan kualitas suara mengagumkan dengan Dual Woofer to Boos Bass Sound, total RMS 200 W dan 2200W PMPO serta koneksitas yang lengkap seperti TV Connection via HDMI out, USB Host with movie playback.

     Model terbaru Mini HiFi Samsung ini telah dilengkapi pula dengan High Definition Multimedia Interface (HDMI) out put berupa seutas kabel yang berfungsi sebagai alat transmisi digital yang dapat menghantarkan gambar dengan langsung ditancapkan pada televisi.

     Desain yang elegan dengan balutan warna hitam berkilau dan lekukan yang manis pada tiap sudut menjadikan Mini HiFi Samsung ini sangat cocok apabila dipadupadankan dengan produk TV LCD atau film fit dari Samsung. Nah, selamat menikmati tayangan film favorit berkualitas bersama keluarga tercinta tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam dengan Mini HiFi Samsung MMDX7T dan MAX- DX75T.

Demikianlah pembahasan tentang iklan, ciri-ciri iklan &contoh iklan. Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan acuan dalam mempelajari bahasa indonesia. Terima kasih.

Baca Juga : Penjelasan Lengkap Pidato/Khutbah : Pengertian, Bagian-bagian Pidato, Cara menyimak Pidato dengan Baik dan Benar & Contoh Pidato

Sumber : Bahasa Indonesia 3 Untuk SMK/MAK Semua Program Kejuruan Kelas XII

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Iklan, Ciri-ciri Iklan & Contoh Iklan Berbentuk Karangan"

Post a Comment