Musikalisasi Puisi: Pengertian, Manfaat, Cara, dan Contoh Musikalisasi Puisi

Musikalisasi Puisi: Pengertian, Manfaat, Cara, dan Contoh Musikalisasi Puisi - Berikut ini adalah pembahasan lengkap tentang Puisi yang meliputi, Pengertian puisi, pengertian musikalisasi puisi, manfaat musikalisasi puisi, cara memusikalisasi dengan baik dan benar, contoh puisi musikal. Untuk lebih jelasnya yuk kita pelajari bersama-sama.

Puisi merupakan salah satu hasil karya sastra yang dapat menjadi wahana curahan perasaan pengarang, ide atau gagasan, serta dapat pula sebagai media untuk menyuarakan hati nuraninya.

Pengertian Puisi

Puisi adalah bantuk sastra yang memperhatikan pilihan kata dan kepaduan bunyi. Sebuah puisi, jika dibacakan dengan indah dan penuh penghayatan, merupakan sebuah penampilan seni yang menarik.
Musikalisasi Puisi: Pengertian, Manfaat, Cara, dan Contoh Musikalisasi Puisi

Penggunaan bahasa dalam puisi seiring menggunakan makna-makna simbolis, sehingga tidak jarang terjadi penafsiran makna yang berbeda-beda dalam memaknai sebuah puisi.

Puisi dapat mengekspresikan emosi, suasana hati, rasa pesona, kagum, keresahan, kegelisahan, dan suasana hati lainnya. Dengan puisi, seseorang akan lebih sadar akan dirinya untuk mengamat, mengagumi, atau memikirkan lingkungan dan alam sekitarnya.

Memusikalisasi puisi merupakan kegiatan pembacaan puisi dengan cara dilagukan, diberi irama, atau diiringi musik yang sesuai dengan isi puisi.

Pengertian Musikalisasi Puisi

Musikalisasi puisi adalah puisi yang dinyanyikan sehingga seorang pendengar yang kurang paham menjadi paham, yang tidak bisa menggambarkan sebuah isi puisi bisa tau isi puisi tersebut. Dengan mengkolaborasikan antara sastra dan musik.

Manfaat Musikalisasi Puisi

  • Kalian dapat mengambil beberapa manfaat dari puisi antara lain:
  • Menggugah perasaan lebih dalam,
  • Membangkitkan imajinasi,
  • Mendorong orang lebih mampu berpikir dan menggerakkan pikiran,
  • Menimbulkan kesenangan dan hiburan.

Berbeda dengan karya-karya sastra lain (seperti: prosa, cerpen, roman, dan novel), puisi merupakan karya sastra yang sangat menonjolkan keindahan bahasa, kedalaman makna, dan kepadatan bentuk.

Selain itu, hanya puisi yang dapat dimusikalisasi, sedangkan karya sastra tertulis yang lain tidak dapat. Musikalisasi puisi yaitu membaca puisi dengan diiringi musik yang sesuai dengan tema dan suasana yang tergambar dalam puisi tersebut.

Cara Musikalisasi Puisi dengan Baik dan Benar

  1. Menentukan puisi yang akan dimusikalisasi.
  2. Mengapresiasi puisi yang telah ditentukan. Mengapresiasi puisi artinya mencermati secara sungguh-sungguh sebuah puisi hingga tumbuh pengertian, penghargaan, kepekaan pikiran kritis dan kepekaan perasaan yang baik terhadap cipta sastra.
  3. Memerhatikan kesusastraan isi puisi dengan suasana yang dibangun.
  4. Menentukan alat musik yang digunakan untuk mengiringi musikalisasi puisi. Alat musik yang akan kalian gunakan dapat berupa gitar, gendang,keyboard, dan sebagainya.
  5. Menentukan notasi nada yang akan digunakan. Notasi nada tersebut dapat berbentuk notasi angka ataupun notasi balok. Guna notasi untuk mempermudah melagukan puisi tersebut. Tentunya mengubah sebuah puisi menjadi musikalisasi bukanlah hal yang mudah. Oleh sebab itu, kalian harus rajin berlatih.

Contoh Puisi Musikal

Berikut ini adalah contoh puisi yang dapat kalian gunakan untuk belajar memusikalisasi puisi. Tentunya mengubah suatu puisi menjadi musikalisasi bukanlah hal yang mudah. Oleh sebab itu kalian harus rajin berlatih.

Hayatilah Sayang

Karya: Yant Mujiyanto

Hayati, rasa serta renungkan
Duka maha pedih sedalam samudra
Oleh gelombang tsunami yang gemuruh menerjang
Yang merenggut dan memorakporandakan segalanya
Semoga, dengan semua itu
Terketuklah pintu hatimu
Untuk ikhlas berbagi
Menyantuni
Merawat dan merengkuh penuh kasih sayang 
Mereka yang kini terlunta
Seraya engkaupun merasa perlu berpuasa
Dari menempuh hidup sekedar berhura-hura
Berbahagialah kita
Yang mampu mengambil hikmah
Atas musibah
Yang datang melanda

(dikutip dari: Indonesia Menangis, 2005)

Demikianlah pembahasan kita mengenai puisi, pengertian puisi, pengertian puisi musikalisasi, manfaat musikalisasi puisi, cara musikalisasi puisi yang baik dan benar, contoh puisi musikal, contoh teks puisi, puisi hayatilah sayang. semoga bermanfaat. Terima kasih.

Baca Juga : Paragraf Eksposisi: Pengertian, Jenis-jenis, dan Contoh Paragraf Eksposisi

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Musikalisasi Puisi: Pengertian, Manfaat, Cara, dan Contoh Musikalisasi Puisi"

Post a Comment